3 Tips Tenang dan Fokus saat Ujian

3 Tips Tenang dan Fokus saat Ujian

3 Tips – Saat ini banyak anak-anak yang masih duduk di bangku SMA atau SD khususnya kelas VI, IX dan XII mengikuti ujian akhir sebagai salah satu syarat kelulusannya. Namun karena perkembangan teknologi yang begitu maju dari waktu ke waktu, sebagian anak tidak mungkin belajar di rumah. Mungkin hanya sekitar 45% anak belajar di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau belajar untuk ujian. Agar tenang dan fokus menjelang ujian nanti, ada baiknya persiapkan diri terlebih dahulu dengan metode belajar yang efektif. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Berikut ini adalah 3 Tips tenang dan fokus saat ujian

Pelajari teknik relaksasi diri
Tips untuk menenangkan diri dan fokus menghadapi ujian selanjutnya antara lain belajar santai. Mempelajari teknik relaksasi diri bisa sangat berguna untuk menenangkan pikiran Anda sebelum ujian. Ini akan membuat Anda lebih tenang dan rileks, membiarkan beberapa ketakutan tentang ujian hilang. Anda dapat menggunakan banyak variasi teknik relaksasi diri. Namun, Quipper Video Blog merekomendasikan untuk bereksperimen dengan teknik yang sesuai dengan karakter Anda. Karena setiap orang memiliki titik relaksasi yang berbeda. Jika Anda menggunakan teknik relaksasi yang salah, Anda tidak akan berhasil. Cari tahu hal-hal apa yang dapat membuat Anda rileks. Untuk mengenalinya, Anda hanya perlu mengingat kebiasaan Anda dalam situasi panik. Ada beberapa teknik umum yang dapat Anda gunakan selama serangan panik. Tekniknya seperti menarik nafas dalam-dalam, memejamkan mata dan berhenti sejenak untuk berpikir. 

Belajar efektif jauh sebelum ujian

Agar tenang dan fokus menjelang ujian, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu dengan metode belajar yang efektif. Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan ini. Misalnya, Anda bisa belajar bergandengan tangan dengan teman atau meminta waktu tambahan untuk belajar bersama guru di sekolah. Atau Anda bisa video belajar dengan Quipper. Karena Quipper Video memiliki banyak materi pembelajaran yang membantu Anda memahami materi ujian dengan optimal. Selain itu, Video Quipper menyediakan soal-soal latihan yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi berbagai soal ujian. Tentu saja, Anda perlu melakukan riset efektif ini secara rutin dan terjadwal. Sehingga otak memiliki waktu yang cukup untuk mengolah semua materi pembelajaran dengan cermat. 

Istirahat yang cukup
Tips menenangkan diri dan konsentrasi saat ujian nanti adalah menjaga tubuh yang baik. Itu sebabnya Anda pasti membutuhkan istirahat yang cukup. Jangan begadang atau melakukan aktivitas yang akan menguras energi terlalu banyak. Coba deh, seminggu sebelum ujian kamu udah punya pola tidur yang benar. Usahakan tidur dan bangun tepat waktu. Quipper Video Blog merekomendasikan untuk tidur lebih awal yaitu jam 9 malam agar Anda bisa bangun dengan segar pada jam 6 pagi. Kemudian, saat bangun nanti, usahakan untuk melakukan pemanasan sedikit sebelum mandi. Anda perlu melakukan ini agar tubuh Anda bisa lebih rileks. Biasakan mimpi ini dua minggu sebelum ujian. Dengan cara ini tubuh Anda akan terbiasa dengan pola tidur yang baru di hari ujian. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *